Cara Membuat Channel di IGTV – IGTV adalah fitur terbaru dari Instagram.
Selain akses langsung melalui aplikasi Instagram, IGTV juga mempunyai aplikasi independen dan juga terlepas dari Instagram.
Setelah launching pada saat pertengahan 2018, IGTV sudah berhasil menjadi rumah bagi jutaan pengguna, baik pembuat konten maupun penggemar video IGTV.
IGTV awalnya diluncurkan dengan mengadaptasi cara lo memegang ponsel (potret/vertikal).
Dengan cara ini, video yang tersedia di IGTV akan berformat vertikal dan akan memenuhi layar ponsel lo tanpa harus memutar ponsel untuk memperbesar terlebih dahulu.
Untuk pembuat konten, penghobi, dan profesional, IGTV dapat menjadi taman bermain baru untuk bereksperimen.
Namun sebelum memulai, lo perlu tau cara membuat channel di IGTV terlebih dahulu.
Cara membuatnya juga sangat sederhana. Silahkan simak pembahasannya di bawah ini.
Apa Itu Instagram TV?
Instagram TV atau IGTV merupakan salah satu fitur terbaru yang resmi diperkenalkan oleh Instagram pada Juni 2018.
Padahal, sepanjang tahun 2018, Instagram telah melakukan update dan update secara umum, baik update kecil maupun besar.
Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pengguna dan memberikan pengalaman pengguna yang menyenangkan.
Adanya Instagram TV (IG TV) memberikan kemudahan bagi pengguna Instagram untuk membagikan momen-momen mereka dalam bentuk video.
Selain itu, pengguna juga bisa lebih kreatif dalam membuat konten berhak cipta tanpa ada batasan dalam waktu singkat.
Instagram telah mengalami banyak perubahan sejak awal dan telah menjadi jejaring sosial dengan platform untuk berbagi foto dan video dengan filter yang disediakan.
Melihat pasar yang berkembang seperti itu, Instagram terus memperbarui dan menambahkan fitur-fitur terbarunya.
Awalnya menambahkan fitur pengeditan foto, di sini kita dapat mengatur kontras, kecerahan, blur, memutar dan beberapa opsi foto lainnya.
Juga, stiker lucu untuk ditambahkan ke Insta Stories. Kemudian hadirnya Insta Stories yang dinilai mampu memberikan interaksi yang baik, meski dibatasi hanya 15 detik dan berdurasi 24 jam.
Saat ini, fitur terbaru adalah Instagram TV (IG TV).
Seperti TV pada umumnya, di IGTV kita harus membuat channel. Satu akun hanya akan mendapatkan satu saluran.
Jadi bagi lo yang ingin membuat banyak saluran, lo dapat membuat beberapa akun dengan ide saluran yang berbeda.
Hal ini didasarkan pada ambisi Instagram untuk menjadi platform bagi pembuat konten, film, atau video untuk berbagi karya terbaik mereka.
Jadikan Instagram sebagai wahana berbagai pekerjaan yang bisa menjangkau banyak orang di dunia.
Kevin Systrom, CEO dan pendiri Instagram, mengatakan IG TV dirancang untuk memudahkan menonton video di smartphone lo.
Sebagian besar aplikasi video mengharuskan kami menelusuri atau mencari terlebih dahulu dalam direktori atau sumber yang ada.
Instagram TV mengambil karakteristik TV biasa dan mengubahnya menjadi bentuk digital.
Tidak hanya itu, Instagram TV juga menawarkan Lean Back yang diharapkan dapat menjadi fitur penempatan iklan Instagram.
Mengapa Harus Menggunakan IGTV Untuk Bisnis?
IGTV merupakan media yang sangat cocok untuk pengembangan bisnis. Hal ini karena IGTV memiliki beberapa manfaat untuk bisnis lo, yaitu:
1. Meningkatkan interaksi dengan konsumen
Keterlibatan sangat penting untuk membangun hubungan yang baik dengan audiens lo. Lo dapat melakukan ini dengan berbagai cara.
Misalnya dengan membuat video tutorial, video produk, diskusi antar pakar, atau membuat video marketing lainnya.
Sederhananya, dengan beragam konten promosi yang halus, lo bisa lebih ramah dengan audiens lo.
Kemudian mereka secara bertahap akan menjadi konsumen sampai mereka menjadi pelanggan tetap lo.
Selain itu, kombinasi engagement dan konten IGTV yang bermanfaat juga dapat menarik konsumen setia.
Untuk alasan ini, keterlibatan memainkan peran penting dalam penjangkauan konsumen yang luas.
Baca Juga : Cara Mengunggah Video ke IGTV
2. Pengembangan merek menjadi mudah
IGTV memungkinkan lo untuk lebih berkreasi dengan video promosi lo, baik itu topik video atau aspek pendukung lainnya.
Lo dapat menggunakan ini untuk menyampaikan berbagai pesan promosi seperti menyampaikan manfaat produk, memperkenalkan pelaku bisnis, branding perusahaan, branding produk, dll.
Lo dapat mengemas aktivitas branding ke dalam saluran atau IGTV untuk bisnis lo. Seperti halnya saluran TV, lo juga dapat mengelola program siaran lo sendiri.
Lo dapat mengubah fungsi bisnis lo, warna dominan, gaya bahasa, logo, dll. Dengan cara ini, lo dapat menyuntikkan branding yang kuat ke benak konsumen.
Cara Membuat Channel di IGTV
Lo dapat melakukan ini di aplikasi Instagram untuk Android atau iOS.
- Pastikan lo memiliki Instagram versi terbaru terlebih dahulu, karena fitur IGTV hanya tersedia di Instagram versi terbaru.
- Jika sudah membuka aplikasi Instagram, tap ikon IGTV di sebelah ikon DM. Itu terletak di kanan atas.
- Video IGTV dari saluran lain akan diputar secara otomatis. Kemudian ketuk ikon logo roda gigi.
- Setelah itu pilih opsi “Buat Saluran”.
- Kemudian akan muncul tiga halaman penjelasan IGTV. Cukup klik tombol “Selanjutnya”, lalu “Buat Saluran”.
- Beginilah cara saluran atau saluran IGTV lo dibuat. Ditampilkan dengan foto profil lo, yang sebelumnya menggantikan logo roda gigi. Ketuk foto profil lo.
- Jika sudah memiliki video yang ingin dibagikan, pilih opsi Upload Video.
- Selesai
Ukuran Feed IGTV
Selain dapat mengunggah video dan foto ke feed Instagram, kini kita juga dapat memakai fitur yang terbaru yang disediakan oleh Instagram (IGTV).
IGTV memungkinkan lo untuk mengupload video yang berdurasi lebih dari 1 menit, tidak hanya itu di IGTV lo juga dapat menonton dan melihat video lain yang berhubungan dengan topik video saat ini.
Seperti halnya video, di IGTV lo juga bisa mengupload video dan gambar atau format horizontal.
Namun perlu diperhatikan bahwa ukuran postingan di IGTV atau yang sering disebut juga IGTV berbeda dengan standar postingan video online.
Struktur horizontal dalam konten IGTV biasanya lebih digandrungi karena lebih eye catching dan picture yang diunggah akan nampak lebih baik.
Meskipun struktur gambar vertikal terkadang berkurang, jika gak disesuaikan dengan benar saat membuat video, rasio aspek dan tampilan video akan sama dengan uk yang ditentukan.
Bahkan, salah satu hal yang sering gw lihat di IGTV adalah sangat sering dipakai untuk mengupload video promosi atau pun komersial untuk meningkatkan status akun Instagram.
Berikut rasio resolusi dan ukuran yang perlu diperhatikan saat membuat konten video IGTV di Instagram.
- Lanskap, resolusi 1920 x 1080 dan rasio aspek 16:9.
- Potret, resolusi 1080 x 1920, rasio aspek 9:16.
Namun ada tambahan lain yang perlu lo dengarkan jika mau membuat konten untuk film IGTV, gak hanya izin.
Namun, ada beberapa hal penting yang harus lo dengar supaya video yang ditayangkan di IGTV sesuai dengan harapan, serta kondisi saat ini.
- Ukuran sampul IGTV (sampul): resolusi 420 x 654 dengan rasio aspek 1: 1,55.
- Kecepatan bingkai IGTV: setidaknya 30 fps setidaknya 720p.
- Durasi IGTV: Maksimal 60 menit saat diunduh dari jaringan Instagram dan 15 menit saat diunduh dari aplikasi Instagram.
- Format file video IGTV: MP4.
- Ukuran file IGTV: Panjang maksimum 10 menit atau kurang dari 650MB.